Thursday 13 December 2012

Penyakit dan Kelainan pada Sistem Saraf Manusia



Ini tugas Mata Kuliah Anfisman II (Anatomi Fisiologi Manusia) dengan dosen pembimbing Dr. Akrom waktu semester 2 yang lalu. Hasil nyari sana-sini tentang macam-macam penyakit dan kelainan pada sistem saraf, berikut saya nemu 29 jenis penyakit beserta definisi singkatnya. Semoga bermanfaat yaa bloggers  :)

1. Stroke (Cerebrovascular accident ( CVA ) atau Cerebral apoplexy ), adalah kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak.

2. Poliomielitis, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang neuron-neuron motoris sistem saraf ( otak dan medula spinalis ). Agen pembawa penyakit ini, sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV).

3. Migrain, adalah nyeri kepala berdenyut yang disertai mual dan muntah yang terjadi akibat adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (peradangan).

4. Parkinson, penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya neurotranslator dopamin pada dasar ganglion dengan gejala tangan gemetaran sewaktu istirahat (tetapi gemetaran itu hilang sewaktu tidur), sulit bergerak, kekakuan otot, otot muka kaku menimbulkan kesan seolah-olah bertopeng, mata sulit berkedip dan langkah kaki menjadi kecil dan kaku.

5. Transeksi , kerusakan atau seluruh segmen tertentu dari medula spinalis. Misalnya karena jatuh, tertembak yang disertai dengan hancurnya tulang belakang.

6. Neurasthonia, (lemah saraf) , penyakit ini ada karena pembawaan lahir, terlalu berat penderitanya, rohani terlalu lemah atau karena penyakit keracunan.

7. Neuritis, radang saraf yang terjadi karena pengaruh fisis seperti patah tulang, tekanan pukulan, dan dapat pula karena racun atau defisiensi vitamin B1, B6, B12.

8. Amnesia, yaitu ketidakmampuan seseorang untuk mengingat atau mengenali kejadian yang terjadi dalam suatu periode di masa lampau. Biasanya kelainan ini akibat guncangan batin atau cidera otak.

9. Cutter, kelainan di mana penderitanya selalu melukai dirinya sendiri pada saat depresi, stres, atau bingung.

10. Alzheimer, atau pikun, bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.

11. Bell's palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Terjadi disfungsi syaraf VII (syaraf fascialis). Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Beberapa ahli menyatakan penyebab Bell's Palsy berupa virus herpes yang membuat syaraf menjadi bengkak akibat infeksi.

12. Disleksia (Inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua. Developmental dyslexsia diderita sepanjang hidup pasien dan biasanya bersifat genetik.

13. Ayan atau Epilepsi, penyakit karena dilepaskannya letusan-letusan listrik ( impuls ) pada neuron-neuron otak. Epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Pada penderita ayan, Sinyal-sinyal yang berhubungan dengan perasaan penglihatan, berpikir, dan bergerak tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

14. Kelumpuhan atau paralisis adalah hilangnya fungsi otot untuk satu atau banyak otot. Kelumpuhan dapat menyebabkan hilangnya perasaan atau hilangnya mobilitas di wilayah yang terpengaruh. Kelumpuhan sering disebabkan akibat kerusakan pada otak.

15. Leukoaraiosis (bahasa Inggris: leukoencephalopathy, White matter changes, WMC) adalah perubahan pada bagian ganglia basal dari otak besar. WMC dapat disebabkan oleh hipoperfusi atau iskemia pada otak, khususnya pada area sub-cortical dari ganglia basal.

16. Leukoensefalopati multifokal progresif atau progressive multifocal leukoencephalopathy (PML),  adalah penyakit yang jarang dan fatal yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dikarakterisasikan sebagai kerusakan progresif atau peradangan pada massa putih otak pada dua lokasi. Penyakit ini biasanya muncul pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya kurang, contohnya pasien yang terinfeksi HIV.

17. Lumpuh otak (Inggris: cerebral palsy, spastic paralysis, spastic hemiplegia, spastic diplegia, spastic quadriplegia, CP) adalah suatu kondisi terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan, laju belajar, pendengaran, penglihatan, kemampuan berpikir.

18. Meningitis adalah radang selaput pelindung sistem saraf pusat (meninges). Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme, luka fisik, kanker, atau obat-obatan tertentu.

19. Penyakit Huntington, chorea Hunting atau chore mairo adalah penyakit yang menyerang saraf. penyakit ini disebabkan oleh faktor genetika, sehingga dapat diwariskan dari orang tua kepada anaknya.

20. Penyakit Minamata atau Sindrom Minamata adalah sindrom kelainan fungsi saraf yang disebabkan oleh keracunan akut air raksa.

21. Sklerosis multipel, merupakan suatu kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh banyak faktor, terutama focal lymphocytic infiltration (sel T secara terus-menerus bermigrasi menuju lokasi dan melakukan penyerangan seperti yang layak terjadi pada setiap infeksi) dan berakibat pada kerusakan mielin dan akson.

22. Sindrom Kleine-Levin (Inggris: Kleine-Levin Syndrome disingkat KLS) adalah penyakit syaraf yang langka dimana penderita tidak bisa mengontrol rasa kantuknya. Penderita bisa tertidur selama berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bisa berbulan-bulan, tergantung pada berapa lama penyakit itu muncul/kambuh.

23. Rabies adalah penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

24. Radang otak (bahasa Inggris: encephalitis) adalah peradangan akut otak yang disebabkan oleh infeksi virus. Terkadang ensefalitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti meningitis, atau komplikasi dari penyakit lain seperti rabies (disebabkan oleh virus) atau sifilis (disebabkan oleh bakteri).

 25. Sindrom Adie atau sindrom Holmes-Adie adalah sindrom yang dikerenakan kerusakan pada serat pascaganglionik pada sistem saraf parasimpatik pada mata dan ditandai dengan pupil yang terdilatasi atau midriasis.

26. Sindrom Alice di Wonderland atau mikropsia adalah keadaan disorientasi saraf yang memengaruhi persepsi penglihatan pada manusia, penderita sindrom ini akan merasa melihat rekannya, bagian tubuh dari manusia, hewan, objek tak bergerak menjadi lebih kecil dari kenyataan. Secara umum, objek yang dipersepsi muncul sangat jauh atau sangat dekat pada waktu bersamaan. Sindrom Alice di Wonderland ini dapat merupakan gejala utama dari mononukleosis atau dapat menyebabkan epilepsi sebagian kompleks. dan akibat obat psikoaktif.

27. Tumor otak, adalah proliferasi dan pertumbuhan tak terkendali sel-sel di dalam dan di sekitar jaringan otak. Tumor otak mencakup sekitar 7-9% dari semua jenis kanker dan dapat terjadi pada semua usia. Tumor otak dinamai menurut jaringan otak yang terkena, antara lain:
v  Glioma: pada sel-sel glia atau neuroglia, tisu yang mengelilingi dan mendukung neuron atau sel-sel saraf otak. Glioma adalah yang paling umum, meliputi 50% tumor otak primer.
v  Astrocytoma: pada sel-sel neuroglia astrosit yang berbentuk bintang.
v  Ependymoma: pada ependyma atau membran epitel yang melapisi ventrikel otak dan kanal tulang belakang.
v  Glioma batang otak: pada bagian otak yang berisi medula oblongata, pons varolii, dan otak tengah, bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
v  Medulloblastoma: pada otak kecil dan menyebar dengan cepat ke jaringan sekitarnya, terutama di cairan serebrospinal dan batang otak. Medulloblastoma adalah tumor ganas yang paling sering terjadi pada anak.
v  Meningioma: pada meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang. Meningioma biasanya jinak, tumbuh lambat sehingga sering terlambat terdeteksi.
v  Neurinoma: biasanya terjadi pada fosa posterior. Saraf kranial kedelapan, yang menyampaikan indera pendengaran dan keseimbangan paling sering terpengaruh. Neurinoma tidak membentuk metastasis.
v  Limfoma: pada limfosit (sel yang bertanggung jawab untuk pertahanan tubuh). Ini adalah tumor ganas, yang berasal dari jaringan limfoid. Tumor ini sering terjadi pada pasien dengan AIDS dan pasien imunosupresi.
v  Adenoma hipofisis: pada kelenjar hipofisis dan dasar otak. Ini adalah jenis tumor otak yang jinak.

28. Optic neuritis, peradangan pada saraf optik. Saraf optik merupakan bundel serat saraf yang mengirimkan informasi visual dari mata ke otak. Rasa sakit dan kehilangan penglihatan sementara adalah gejala umum dari optic neuritis.

29. Hidrosefalus (kepala air) adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebro spinal) atau akumulasi cairan serebrospinal dalam ventrikel serebral, ruang subarachnoid, atau ruang subdural. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.

53 comments:

  1. tapi kurang 1 lagi cukupin 30 :D

    hhhaaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kan Allah menyukai yang ganjil :D
      *ngelesss*

      Delete
  2. blognya sangat membantu, terima kasih

    ^_^

    ReplyDelete
  3. informasi yang luar biasa. makasih yah!

    ReplyDelete
  4. sofia maspaitella9 September 2013 at 04:41

    thanks yahh buat informasinya ,,
    aku jadi bisa buat tugas

    ReplyDelete
  5. hahaaha thank ya mbak ratih :D
    me Gusta

    ReplyDelete
  6. nice info makasi...................

    ReplyDelete
  7. Makasih yaaa kakaaaaaaaaaaaa :) Atas Infonya

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum ^_^


    Terima Kasih untuk Kakak Ratih yang telah memberikan info nya ... Karena Ka Ratih telah membantu saya mengerjakan tugas ;)






    Semoga ka Ratih masih bisa berbagi info menarik tentang Ilmu Ilmu :)

    Sukses Kak !!!

    ReplyDelete
  9. By Luqman Z :)

    ReplyDelete
  10. Like...
    Informasix membantu z untuk menyelidiki penyakit yang sya alami

    ReplyDelete
  11. makasih informasinya :) tugas bio ku jadi kelar deh hehehe

    ReplyDelete
  12. makasih kak, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  13. makasih ya kak! tugas aku jadi cepet selesai :3

    ReplyDelete
  14. Thanks infonya dengan ini saya menjadi mudah mengerjakan tugas :)

    ReplyDelete
  15. makasih atas infonya, lumayan, buat tugas biologi juga.. hehe.. nice post gan :)
    sukses ya..

    ReplyDelete
  16. jazakillah. terima kasih kembali semuanya. salam fastabiqul khairat.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak atas infonya. aku suka.
      ohiya kak maaf mau nanya akibat dari pnyakit Hidrosefalus itu apa ya? makasih.

      Delete
  17. makasih, tapi sama http://nandasyaraf.blogspot.com/2013/11/gangguan-sistem-saraf-pada-manusia.html kaya disitu -,-

    ReplyDelete
  18. Membantu sekali. Terima kasih. Info yang diberikan semoga jadi amal. Aamiin ^^

    ReplyDelete
  19. Thanks infonya sista..... ;-)

    ReplyDelete
  20. Thanks for the Information, yo! Sangat membantu dalam tugas Biologi saya.. :)

    ReplyDelete
  21. mana referensinya pembahasan tulisan diatas??? harus jelas darimana refererensinya.???

    ReplyDelete
  22. Terima kasih kak Ratih atas infonya :D jadi tau penyakit aku itu apa.

    ReplyDelete
  23. Terima kasih kak Ratih atas infonya :D jadi tau penyakit aku itu apa.

    ReplyDelete
  24. makasih atas informasiny kaka.....
    tugas saya jd selesai.....
    moga kakak sehat slalu...

    # fajar

    ReplyDelete
  25. Hahaha , Makasih yaa . Nice Post ..
    Baru aja buka udah kelar deh .
    Makasih nih nuat Kak Ratih atas Informasinya . Moga-moga dikasih sehat salalu biar bisa ngasih informasi lain yang kebih menarik . Amiin

    ReplyDelete
  26. makasih .. jadi beres deh tugasnya :)

    ReplyDelete
  27. It's Great, Arigatou Gozaimasu

    ReplyDelete
  28. makasih ya mbak, artikelnya berguna untuk tugas presentasi Biologiku

    ReplyDelete
  29. membantu bgt kak.. terima kasihya..

    ReplyDelete
  30. Postingannya cukup membantu :)
    Thanks

    ReplyDelete
  31. terimakasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  32. terima kasih kaka, sangat membantu

    ReplyDelete
  33. thanks kak, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum...anda ada masalah saraf...mai whatsapp 0176607841. Saya ada cara penyelesaiannya yang mudah selamat dan berkesan.

    ReplyDelete
  35. Syukron Katsiron Kak, sangat membantu juga bermanfaat artikel nya...

    ReplyDelete
  36. Terimakasih. Postingan yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  37. Saya sering merasa kepala sy heng dan lemah serta tidak tahan terhadap yg dingin². Itu penyakit syaraf apa ya? Tolong di bls.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Ass. Mbak saya mau nanya, ayah saya daya ingat nya sangat turun bahkan untuk menulis saja sudah susah dan untuk mengingat apa lagi,untuk masalah hari saja sudah ga tau hari ini hari apa dan kalau memakai baju juga suka salah terbalik ,

    berbicara juga suka susah maksudnya terbalik apa yang dikatan dan diinginkan, ayah saya juga setiap hari suka sekali mandi , bisa sehari 20x mandi, dia berkata badan nya panas dan gatal namun saya liat kulit nya tidak ada bintik merah dan badan nya pun dingin namun tetap mandi, ayah saya juga terkena diabetes kering sehingga suka bulak balik ke kamar kecil.

    Mohon kak untuk bantu saya, saraf apa yg terkena ayah saya, apa ini semua akibat penyakit diabetes sehingga ayah saya saraf nya terganggu ?

    saya sudah ke doktee r.s jiwa dan penyakit dalam. Khusus ke rs jiwa dokternya bilang ayah saya sehat saraf nya badan nya namun saya mengajukan stiy sceen kepala tp dokterpun menolak dikarena ayah saya baik2 saja. Kalau baik2 kenapA ayah saya seperti itu.

    Untuk penykit dalam ayah saya terkena diabets yang parah soalnya tiap bbrp menit kekamar kecil terus. wlwpun skrg udh normal angka diabetnya itu karena tergantung obat. Namhn tetap suka bolak balik w.c. terimakasi. Please balas.


    putri.

    ReplyDelete
  40. Sangat membantu mbaa..syukron.. :) :)

    ReplyDelete
  41. Makasih banyak informasinya sangat membantu..

    ReplyDelete
  42. Makasih ya kak ratih yg cantik atas infonya,PRku jadi cepet selesai nih

    ReplyDelete
  43. Terimakasih tulisannya, semoga manfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete