Thursday 20 November 2014

Isi SUMPAH APOTEKER

Assalamualaikum
Rekan-rekan blogger, Berikut adalah isi dari sumpah apoteker, yang insya Allah akan saya ikrarkan 2 atau 3 tahun lagi. Doanya supaya segera lulus di tingkat strata 1, kemudian bisa lanjut strata 2 dan profesi Apoteker. Aamiin.
--------------------------------------------------------

SUMPAH APOTEKER

1. Saya bersumpah / berjanji akan mengabdikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan terutama dalam bidang kesehatan.

2. Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai apoteker.

3. Sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan

4. Saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmasian.

5. Dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berikhtiar dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, kepartaian, atau kedudukan sosial.

6. Saya ikrar sumpah / janji ini dengan sungguh-sungguh, dengan penuh keinsyafan

----------------------------------------------------------

Maaf, rekan-rekan, selama mengetik isi sumpah apoteker di atas, berkali saya mengerutkan kening membaca isinya. Muncul berbagai pertanyaan di kepala saya, Bagaimana contoh keadaan dimana kita harus merahasiakan segala sesuatu tentang ilmu kefarmasian yg kita ketahui? Bagaimana contoh keadaan dalam penunaian kewajiban yang dapat terpengaruh dengan pertimbangan kebangsaan, agama, dll itu? Dan satu lagi, entah kenapa saya merasa orang-orang yang sudah berikrar dengan sumpah ini, telah membuat diri mereka dalam keadaan yang tertekan. Well, itu cuman dari perspektif saya saja, si calon Sarjana Farmasi yang masih bau kencur, karena hobinya minum jamu..

Wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment