Sunday 22 December 2013

Bersih Pantai, Sarana Menjalin Keakraban



By : Ratih Saridewi

Bersih pangkal sehat. Demikian pula mahasiswa Farmasi yang merupakan calon tenaga kesehatan, harus mengerti arti bersih, agar ia mampu menyuarakan hidup sehat.

Bila Fakultas lain mengadakan Malam Keakraban (Makrab), maka BEM Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan rutin menyelenggarakan Siang Keakraban (Sikrab) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru. Acara yang merupakan kelanjutan dari Program Pengenalan Kampus (P2K) ini bertujuan untuk lebih mempererat rasa kekeluargaan dan kekompakan di antara sesama mahasiswa baru, maupun antara mahasiswa baru dengan kakak tingkatnya. Sikrab tahun ini dilaksanakan pada hari Minggu, (10/11/2013) dengan diikuti oleh 243 mahasiswa baru dan 70 orang panitia. Pukul 06.00 pagi, peserta Sikrab berangkat ke lokasi dengan dihantarkan oleh 6 armada bis pariwisata.
Sikrab tahun ini mengambil tempat di Pantai Goa Cemara dengan agenda utama Bersih Pantai. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini dipilih karena merupakan pantai dengan latar hutan cemaranya yang sangat indah serta ramai dikunjungi wisatawan, namun, kondisinya sedikit memprihatinkan karena kurang terjaga kebersihannya.
Seragam biru hitam yang menggotong plastik besar yang diperuntukkan sebagai wadah sampah, mendominasi pemandangan bibir pantai Goa Cemara siang itu. Wakil Dekan Fakultas Farmasi, Nining Sugihartini, M.Sc., Apt., turut hadir dalam acara Sikrab bersama beberapa orang dosen yang memberikan semangat dan apresiasi atas acara Bersih Pantai ini.
Acara kemudian dilanjutkan dengan games dan makan siang. Pukul 2 siang, peserta telah naik ke bis untuk kembali ke Jogja. Nadya Putri, salah satu peserta sikrab menyatakan kepuasannya terhadap jalannya acara, “Seru, menyenangkan, dan sangat berkesan bagi kami,” imbuhnya.
Tema yang diusung pada sikrab ini adalah “Save Our Ocean, Save Our Generation”. Ketua panitia, Fenny Hadhisna, menyatakan bahwa sikrab bukan semata ajang bersenang-senang, namun juga harus memiliki nilai kebermanfaatan bagi sesama. Atas dasar pemikiran tersebut, dipilihlah Bersih Pantai sebagai bentuk nyata kepedulian mahasiswa Farmasi terhadap lingkungan. Melalui ajang Bersih Pantai ini, diharapkan mahasiswa Farmasi UAD dapat lebih peduli terhadap lingkungan, serta mampu menularkan gaya hidup sehat dan bersih kepada masyarakat. (Ratih)

No comments:

Post a Comment